About Me

My photo
Received my early education at the Rifle Range Road (2) Primary School, Kuala Lumpur. Attended junior high school at Raja Abdullah Secondary School, Kuala Lumpur and high school at Technical Institute, Kuala Lumpur. Further study at Mara Institute of Technology (ITM), Shah Alam, Selangor and obtained Certificate in Town and Regional Planning and Diploma in Quantity Surveying. Continued study in Mara University of Technology (UiTM) and obtained Bachelor of Quantity Surveying (Honours). I am a skilled commercial manager with extensive background in-and thorough knowledge of- development, construction, maintenance and construction contracts. Also having knowledge and experience in project, facilities and property management. Experienced in developing and implementing competitive cost planning, project budgeting, cost controlling and development appraisal. Exceptional organizational, analytic and managerial skills. Career as Commercial Expert till now.

Sunday 28 May 2023

Fitnah dan kritik dalam perspektif Islam

 Dalam perspektif Islam, terdapat perbedaan yang signifikan antara fitnah dan kritik. Berikut adalah penjelasan mengenai keduanya:

1. Fitnah dalam Islam:

Definisi: Fitnah dalam Islam merujuk pada penyebaran berita palsu atau informasi yang menyesatkan dengan tujuan memicu konflik, memfitnah orang lain, atau menyebabkan kerusakan sosial.

Kecondongan negatif: Fitnah dalam Islam dianggap sebagai perbuatan yang sangat tercela dan diharamkan. Al-Quran menyebutkan dalam beberapa ayat tentang larangan fitnah, seperti dalam Surah Al-Hujurat (49:6): "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu seorang fasik membawa suatu berita, maka teliti dahulu, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."

Menghindari: Umat Muslim dianjurkan untuk menghindari menyebarkan fitnah, mendengarkan fitnah, atau menjadi bagian dari proses fitnah. Islam mendorong umatnya untuk mencari kebenaran sejati, memverifikasi informasi sebelum mempercayainya, dan menghormati reputasi orang lain.

2. Kritik dalam Islam:

Definisi: Kritik dalam Islam merujuk pada penyampaian pendapat atau penilaian secara konstruktif tentang seseorang atau sesuatu dengan niat baik, berdasarkan dalil-dalil agama atau kebijaksanaan.

Memiliki landasan: Dalam Islam, kritik yang disampaikan dengan cara yang baik dan sopan, serta didasarkan pada hujjah (dalil atau argumen yang sahih) dapat dianggap sebagai bentuk amar ma'ruf nahi munkar (menganjurkan kebaikan dan mencegah kemungkaran), yang dianjurkan dalam agama.

Tujuan positif: Kritik yang dilakukan dengan tujuan perbaikan, pembelajaran, atau untuk meningkatkan kualitas individu atau masyarakat adalah diterima dalam Islam, asalkan dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak merusak reputasi seseorang secara tidak adil.

Dalam Islam, fitnah dianggap sebagai perbuatan dosa yang serius, sementara kritik yang dilakukan dengan niat baik dan cara yang benar adalah diperbolehkan dan bahkan dianjurkan selama dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan memberikan manfaat. Penting bagi umat Muslim untuk membedakan antara fitnah dan kritik yang konstruktif, serta berpegang pada prinsip-prinsip kebenaran, keadilan, dan penghormatan terhadap reputasi dan hak-hak individu.


No comments:

Post a Comment